APEL HUMBAHAS

Buah apel tidak hanya dapat tumbuh dan berbuah di daerah Malang Jawa Tengah, kini di Bona pasogit tepatnya di desa Siponjot Kecamatan Lintongnihuta Kabupaten Humbang Hasundutan, buah apel tersebut dapat tumbuh.

Hal ini dilakukan oleh seorang purnawirawan TNI berpangkat kolonel bernama HMU Silaban sejak tahun 2002 melalukan ujicoba penanaman apel varietas Rome Beauty satu varietas apel Malang sebanyak 300 batang. Ternyata pohon itu tumbuh dan berbuah padat dibanding apel Malang.

Hasil panen apel ini dipamerkan pada pameran pasar Petani Kabupaten/Kota se-Sumut di halaman Kantor Dinas Pertanian Sumut Medan Johor. Pada umumnya, pengunjung pameran mengatakan bahwa warga kota Medan merasa kagum melihat hasil pertanian Humbahas, termasuk kepala dinas pertanian Sumut.

Dengan berproduksinya buah apel di tanah Batak Humbahas membuktikan suburnya daerah tersebut. Hadirnya apel di daerah ibukota Dolok Sanggul tersebut menjadikan Humbahas daerah pertama di pulau Sumatera pohon apel dapat tumbuh dan berbuah sebagaimana apel dapat tumbuh di kota Malang Jawa Tengah, yang buahnya padat dibanding apel Malang.

0 comments :

Formulir Kontak