Breaking News

10 Cara Mendamaikan Konflik Suriah, Libya, Yaman dll

Konflik di Suriah, Libya, Yaman dan Somalia serta lainnya agak sulit untuk dipecahkan dalam waktu dekat.

Mungkin akan butuh minimal satu generasi untuk mencapai kata sepakat seperti perdamaian antara pemerintahan Afghanistan dan Taliban yang dimulai dengan perdamaian antara AS dan Taliban di Qatar.

Tapi meniru konvensi dan jurisprudensi dari kasus di negara lainnya, tetap terbuka peluang untuk berdamai paling tidak secara defacto. Negara lain itu adalah, konflik intenal India di North East atau di Kasmir dengan Pakistan, konflik internal Myanmar dengan 30-an kelompok pemberontaknya, hubungan unik Tiongkok vs Taiwan, Korea Utara vs Korea Selatan, Georgia vs Abkhazia dan South Ossetia, Ukraina vs Lugansk dan Donetsk dll, Israel vs Palestina.

1. Giatkan olahraga bersama

Cara ini sudah ditempuh oleh Korut dan Korsel. Bahkan tim Taiwan melawan Tiongkok dan Israel vs Palestina dll.

4 pemerintahan di Suriah, 2 pemerintahan di Libya dan 3 pemerintahan di Yaman bisa membentuk liga sepakbola bersama atau menggelar pertandingan eksebisi antara pemerintah dan pemberontak.

2. Giatkan kerja sama investasi

Hal ini bisa mencontoh pengusaha Taiwan yang investasi di Tiongkok. Walau kedua pihak sering saling ancam perang, namun tidak menutup kemungkinan keduanya saling melakukan hubunhan dagang.

3. Giatkan kerja sama wisata

Korut dan Korsel melakukan hal ini. Kedua negara membuka pintu ke wisatawan masing-masing untuk saling mengunjungi dan ini sangay berguna bagi keluarga yang terpisah. Secara de facto Suriah selama ini sudah melakukannya dengan Israel khususnya kepada warga Golan, daerah milik Suriah yang masih dikuasai Israel.

4. Mengirim tim olimpiade secara bersama

Karena pihak yang bertikai kecil kemungkinan untuk diakui sebagai negara oleh yang lain, maka tim olimpiade biasanya hanya diwakili satu pihak. Maka pihak lain jga bisa diajak. Inj sudah dilakukan Korut dan Korsel saat mengikuti olimpiade dengan satu bendera.

5. Kerja sama perbatasan

Masing-masing pihak mengendurkan dan memudahkan urusan warga yang lalu lalang.

6. Pertukaran tawanan

Ini sudah dilakukan antara pihak yang bertikai di Yaman, Libya maupun Suriah, hanya perlu digiatkan terus menerus.

7. Kerja sama eksplorasi antariksa bersama

Ini belum dilakukan negara lain, tapi bisa meniru kerja sama antara AS dan Eropa.

8. Kerja sama penerbangan

Dua pihak yang bertikai di Libya mempunyai maskapai penerbangan masing-masing. Dan bisa saja saling mengijinkn mendaratkan pesawat sebagaimana maskapai Tiongkok dan  Taiwan.

9. Kerjasama kemanusiaan dan kedokteran

Kadang pihak yang bertikai saling menolong ketika ada musibah, terlepas dari perbedaan politik yang dianut.

10. Membentuk pasukan perdamaian bersama

Tujuannya agar masing-masing tidak saling tuduh bila terjadi insiden yang tidak disengaja.

Baca sumber