Innalillahi Wa Inna Ilaihi Rajiun: Raja Pagaruyung Mangkat

11 Jun 07 08:56 WIB
Raja Pagaruyung Meninggal

Padang, WASPADA Online
Raja Pagaruyung, Hj Puti Reno Disma Yang Dipertuan Gadih Gadang, pucuk pimpinan tertinggi kerajaan Pagaruyung Batusangkar, Sumbar, meninggal dunia Minggu (10/6) sekitar pukul 10:00 pada usia 85 tahun. "Beliau meninggal akibat sakit pada usia tua dan sempat dirawat beberapa kali di rumah sakit," kata Wisran Hadi, 60, suami Puti Reno Raudah Thaib, anak Hj Puti Reno Disma Yang Dipertuan Gadih Gadang, dihubungi dari Padang, Minggu (10/6).

Dia menyebutkan, kepergian Ibunda Hj Puti Reno Disma Yang Dipertuan Gadih Gadang sempat dilepas oleh dua anaknya yakni Puti Reno Soraya Thaib, dan Dr. Sutan Moh Farid Thaib. Hj Puti Reno Disma yang Dipertuan Gadih Gadang, merupakan keturunan ke 32 dari Raja Pagaruyuang Sutan Alam Bagarsyah, dan keturunan ke 33 menjadi raja perempuan atau bergelar Tuan Gadih.

Semasa hidupnya Hj Puti Reno Disma Yang Dipertuan Gadih Gadang tinggal di Istana Silinduang Wulan dan memegang tampuk pimpinan tertinggi di Istana Pagaruyuang. Jenazah Hj Puti Reno Disma Yang Dipertuan Gadih Gadang, direncanakan akan dimakamkan pada Senin (11/6) pada Ustano Ateh Ujang, Balai Janggo Pagaruyuang, satu makam keluarga kerajaan berjarak sekitar satu kilometer dari Istana Pagaruyuang.

Hj Puti Reno Disma Yang Dipertuan Gadih Gadang, memiliki enam orang anak yakni, Puti Reno Soraya Thaib, 62, Puti Reno Raudah Thaib, 60, Sutan Moh Taufik Thaib, 58, Puti Reno Yuniarti Thaib, 45, Dr. Sutan Moh Farid Thaib, 43, Puti Reno Rahimah Thaib, 43.

Kini jenazah Hj Puti Reno Disma Yang Dipertuan Gadih Gadang disemayamkan di Istana Silinduang Wulan, guna menunggu upacara adat pemakamannya. Ratusan keluarga dan masyarakat, serta unsur pemerintah setempat hadir melayat.

0 comments :

Formulir Kontak