Beternak Domba Garut, Hasilnya Bikin Kepincut

Dari sekian macam domba jenis unggul domba garut cukup populer. Postur tubuh tegap dengan tanduk melingkar di atas kepala membuat binatang ternak ini sering dijadikan wahana kompetisi, yaitu adu domba yang kesohor itu. Seekor domba garut juara seketika itu juga harga jualnya bakal langsung melejit, puluhan hingga ratusan juta.


Tetapi, sekalipun tidak menjadi juara, dengan bobot bisa di atas 80 kg per ekor, maka harga pasaran ruminansia yang konon hasil silangan beberapa jenis domba unggul ini terbilang lumayan. Jadi tidak heran jika khususnya di kabupaten Garut, domba tersebut banyak diternakkan, baik sebagai usaha sampingan atau bahkan dikelola secara profesional.

Salah satu peternak domba garut profesional yaitu Agus Ramada Setiadi, pengusaha asal Bekasi yang mengelola usaha keluarga, Villa Domba, di satu daerah di Bandung, Jawa Barat. Sebenarnya, seperti dituturkan, pada awalnya budidaya domba garut yang telah menginjak tahun ketiga itu bukan kesengajaan, tetapi lebih disebabkan bisnis agrobisnis yang digagas orang tuanya membutuhkan pupuk dalam jumlah sangat besar. Pasalnya, lahan seluas 7 Ha yang dibeli secara bertahap sebagai investasi menjelang pensiun untuk ditanami pohon jati, mahoni, kemiri, kopi dan panili itu berupa bukit berlahan tandus.

Lanjut
Share on Google Plus

About marbun

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment