Maukah Pemda-pemda Di Tapanuli Buat Internet di Desa-desa???

10.000 Warnet Masuk Desa

Pemerintah negara bagian Maharashtra menargetkan pembangunan 10.000 Warnet di pedesaan dalam kurun waktu 3 tahun kedepan. Program yang mendukung kiat mencerdaskan warganya tersebut telah diputuskan oleh pemerintah daerah dengan wilayah nomor 3 terluas di India. Sebagai pengelola program warnet ditargetkan terutama kawula muda di desa masing-masing untuk mengurangi tingkat pengangguran. Calon wiraswasta warnet diharuskan menamatkan SMU dan mendapatkan pendidikan komputer dasar.

'Warnet sebagai penangkal kemiskinan dan penganguran kawula muda' yang diprogramkan pemerintah daerah Maharashtra dan diliput heise.de membutuhkan investasi untuk setiap Warnet sekitar 1.400 euro atau sekitar 17 juta rupiah. Perlengkapan warnet yang disediakan termasuk PC (tidak disebutkan jumlahnya), Printer, Kamera-Digital, Scanner, Kamera-Video dan mesin Fax.

Dari program ini, pemerintah memperhitungkan secara langsung telah menyediakan 20.000 peluang kerja. Dua per tiga dari nilai investasi dibiayai melalui sistem kredit dari institusi keuangan seperti Bank dan Jasa Perkreditan. Sepertiga lainnya didanai sendiri oleh wiraswastawan muda dengan kemungkinan mendapatkan pendanaan porsi ini dari bantuan pemerintah.

0 comments :

Formulir Kontak