Haji Tobasa

Anggaran 2007, Umat Muslim Dapat Bantuan Rp40 Juta untuk 2 Calon Jemaah Haji

Nov 28, 2006 at 08:14 AM
Tobasa (SIB)

Bupati Tobasa Drs Monang Sitorus SH MBA melepas Kloter I jemaah haji asal Kecamatan Balige dan Kecamatan Porsea,Kabupaten Tobasa, berjumlah 8 orang disaksikan Ketua MUI Tobasa Drs Mansur Nasution SH MH dan Ketua IPHI Tobasa HMT Sibarani serta seluruh umat muslim Tobasa di Mesjid Al Hadhonah Balige, Minggu (26/11) pagi.

Bupati dalam sambutannya mengharapkan calon haji dan hajjah yang akan berangkat ke tanah suci Mekkah dapat menjadi haji dan hajjah yang mabrur serta menjadi tauladan bagi masyarakat. Dengan demikian hubungan antar umat beragama semakin terjalin dan terpelihara dengan baik di Kabupaten Tobasa. “Mari kita saling menghargai, saling merangkul tanpa saling menghujat sehingga Tobasa semakin religius, yang lebih mengandalkan Tuhan dalam hidupnya,” ujarnya seraya menambahkan dampak dari semua itu Kabupaten Tobasa beserta Kabupaten Nabire telah menerima penghargaan Prakarsa Pembangunan Manusia Indonesia (PPMI) 2006 tingkat nasional dari Presiden RI.

Untuk itu, bupati menghimbau agar masyarakat tidak saling menyenggol tetapi saling mengasihi seperti halnya seorang bupati tidak pernah balas menyenggol ketika disenggol. Bupati menaggapi dengan penuh cinta kasih dan sekaligus menyetujui permintaan tokoh agama Islam Tobasa, HR Hasibuan, agar diberikan bantuan biaya bagi satu orang calon jemaah haji. Bahkan Bupati Tobasa menegaskan untuk anggaran tahun 2007, Pemkab Tobasa akan menganggarkan bantuan biaya ke Mekkah masing-masing Rp 20 juta bagi 2 orang calon haji dan hajjah. “Tahun depan Pemkab Tobasa sumbangkan Rp 40 juta untuk 2 calon jemaah haji. Kita juga akan berikan hadiah kepada saudara Hafiz Taufik yang menjadi juara tingkat nasional baca Alquran,” ujar Monang Sitorus yang disambut gembira masyarakat muslim yang hadir pada acara pelepasan tersebut.

Sebelumnya, Ketua Kesatuan Haji Tobasa, HR Hasibuan, di awal sambutannya mengucapkan rasa syukur dan bangga atas kehadiran Bupati Tobasa untuk melepas keberangkatan jemaah haji. Pada kesempatan itu HR Hasibuan berpesan agar para calon haji dan hajjah dapat berperilaku bersih seputih kain yang dikenakan sehingga nama bangsa di mata dunia terpelihara dengan baik.

Sementara Ketua MUI Tobasa Drs Mansur Nasution mengimbau agar para calon haji dan hajjah berniat suci dalam menunaikan ibadah haji. “Jangan mencaci dan berbantah-bantahan. Harus berniat suci dalam menunaikan ibadah haji. Dengan demikian kiranya para calon haji dan hajjah yang akan berangkat ke Mekkah menjadi haji dan hajjah yang mabrur,” ujarnya.

Kepala Seksi Urusan Agama Islam dan Penyelenggara Haji Kandepag Tobasa Mukti Ali Harahap SAg MSi usai mengikuti acara pelepasan jemaah haji kepada SIB mengatakan selalu berupaya mengajak umat Muslim Tobasa menunaikan ibadah haji. Dikatakannya, saat ini pihaknya telah melakukan kerjasama dengan Bank Sumut, BRI, BNI dan Bank Muamalat Tobasa dalam memberikan kemudahan bagi calon haji. “Saat ini calon haji dan hajjah tidak lagi menyetor uang melalui Kandepag tetapi melalui keempat bank tersebut. Untuk memperingan beban ongkos, kepada calon haji disarankan agar menabung di bank dengan uang muka minimal Rp 50 ribu,” ujarnya.

Acara pelepasan Kloter I Jemaah Haji Kabupaten Tobasa diwarnai dengan pembacaan Alquran oleh Qori Hafiz Taufik SPd, juara lomba baca Alquran tingkat nasional di Kendari beberapa waktu lalu, dan Saritilawah Sri Rostina SAg. Acara itu juga diwarnai dengan penyerahan buku cek atau buku berobat gratis yang diserahkan secara langsung oleh Kadis Kesehatan Tobasa dr FLP Sitorus MKes kepada kedelapan calon haji dan hajjah.

GERAK JALAN SANTAI

Sementara itu, 3000-an masyarakat Tobasa bersama Bupati Monang Sitorus beserta jajarannya melakukan gerak jalan santai dalam rangka memperingati hari Korpri dan PGRI Kabupaten Tobasa, Minggu pagi (26/11) sekira Pukul 06.00 WIB.

Ribuan masyarakat Tobasa yang memadati lapangan Sisingamangaraja XII Balige melakukan gerak jalan santai menuju kantor Pemkab Tobasa. Bagi pemenang gerak jalan juga diberikan hadiah utama dan hadiah hiburan sumbangan dari Bank Sumut cabang Tobasa.

0 comments :

Formulir Kontak