Breaking News

INALUM Alokasikan Dana CSR Terbesar untuk Lingkungan seperti di Dairi dan Karo

ilustrasi
KEDAIKOPIMARBUN -- Tahun ini PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau INALUM terus melanjutkan komitmennya dalam memberikan kontribusi kepada masyarakat melalui berbagai program tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility) yang berkelanjutan.

Total CSR INALUM serta Program Kemitraan dan Bina Lingkungan untuk 2019 sekitar Rp 40an miliar. Manager CSR INALUM, Ismail Midi mengatakan setiap tahunnya dana yang diberikan pasti beda tergantung untung perusahaan. (sumber)

Ada 12 program yang dijalankan dari dana tersebut. Dana terbesar dialokasikan untuk pelestarian alam yaitu untuk penghijauan Danau Toba. Pendidikan berada di urutan kedua, diikuti dana untuk kesehatan. Contohnya pengobatan gratis yang akan dilakukan di daerah Karo dan Dairi selama dua hari mulai besok.

"Selain itu ada untuk fasilitas umum, sarana ibadah, bantuan sosial, kepemudaan, seni budaya, olahraga, dan sebagainya. Totalnya ada 12 program yang kita kerjakan. Sebanyak 25 sampai 30 persen kita alokasikan untuk pelastarian alam," ujar Ismail, Kamis (19/9/2019).

INALUM memberikan beasiswa mulai dari tingkat sekolah hingga mahasiswa perguruan tinggi negeri melalui Program Beasiswa INALUM. Beasiswa ini diberikan dengan latar belakang prestasi akademik maupun non akademik yang baik serta karena keterbatasan ekonomi.

Untuk mendukung pendidikan, INALUM mempersiapkan dana Rp 4 miliar hingga Rp 5 miliar pada tahun 2019. Tahun ini juga untuk pertama kalinya INALUM memberikan beasiswa yang dikelola oleh Yayasan Karya Salemba Empat (KSE)

"Ini merupakan kali pertama kami bergabung dengan KSE. Beasiswa yang kami salurkan kali ini merupakan tambahan dari CSR INALUM di bidang pendidikan yang sudah dilakukan oleh INALUM sebelumnya," ujarnya saat ditemui usai mengisi talkshow dalam acara INALUM Leadership Camp I Batch 1.

Untuk KSE, INALUM menganggarkan dana Rp 3,8 miliar yang diberikan secara bertahap selama tiga tahun kepada 100 mahasiswa dari tiga Perguruan Tinggi Negeri yakni Universitas Sumatera Utara, Universitas Negeri Medan dan Universitas Islam Negeri Sumatera.

Setiap mahasiswa berhak memperoleh beasiswa Rp 750 ribu setiap bulannya. Ia mengatakan penyaluran beasiswa lewat Yayasan Karya Salemba Empat (KSE) agaknya berbeda dengan beasiswa-beasiswa yang disalurkan sebelumnya.

"Bedanya KSE dengan beasiswa pendidikan lainnya adalah penerima beasiswa KSE ini akan kita didik sampai menjadi pemimpin. Jadi kita dampingi terus hingga menjadi orang hebat. Nantinya para mahasiswa ini akan dipilih dan dikelompokkan sesuai bakat misalnya di bidang teknologi, entrepreneurship, dan bidang-bidang lainnya. Setelah itu kita akan pecah sesuai kelompok," ujarnya.